Tuesday 20 May 2014

Pergi ke Hawlet Package Service Center (HPSC)

Assalamu’alaikum wr wb..

Alhamdulillah bisa bertemu lagi... J
            Pada kesempatan kali ini ane akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman ane pergi ke Hawlet Package Service Center (HPSC) untuk melakukan maitenance/perbaikan pada notebook ane, yakni HP Paviliun G4-1311au yang mengalami kerusakan pada daya/baterainya.
Sebelumnya, siapa sih yang berharap notebook/lepinya rusak? Pasti g ada. Tapi itulah yang ane alami, notebook ane mengalami kerusakan pada baterenya. Jadi tidak seperti pas awal beli dulu, di mana baterai bisa bertahan  3 sampai 4 jam hanya untuk buka program Office saja, maka pas rusak kemarin baterai hanya bertahan satu sampai satu setengah jam saja. Yang lebih parah lagi, jika pada saat dimatikan kondisi baterai dalam posisi full charge, maka pada saat dinyalakan kondisi baterai pada posisi 90% saja. Bayangkan saja tanpa dipakaipun baterenya berkurang 10%. Akhirnya ane bawa deh tu notebook ke tempat service. Awalnya ane bawa ke toko tempat ane beli dulu, namun karena kurang puas dengan hasilnya, akhirnya ane bawa sendiri langsung ke Service Center HP (SCHP) di Jakarta, alamatnya di Gedung Kota Casablanca lantai 5, jalan Casablanca Kav 88. Karena Ane posisi di Bogor, jadi tidak terlalu jauh untuk pergi ke Jakarta. hehe

Hari Sabtu tanggal 3 Mei kemarin, ane berangkat ke Jakarta. Sekitar 1,5jam perjalanan dari Bogor akhirnya ane sampai di HPSC. Karena berangkat terlalu pagi, ane tiba di sana pukul 9pagi dan waktu itu adalah hari Sabtu layanan baru buka pukul 10, terpaksa menunggu satu jam. Tapi karena tempatnya yang nyaman, Jr ga terasa walau menunggu satu jam juga, tempatnya adhem, full musik, Wifi gratis dan yang paling penting, ada minuman gratis yang disediakan oleh pihak HPSC. Ada macam-macam minuman panas, dari kopi sampai susu juga ada, ane pun memilih untuk mengambil segelas cokelat panas. Selain fasilitas di atas, ane juga bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dipagi hari dari jendela kaca. Pokoknya pelayanannya bagus banget deh.
Nah, Saat menunggu jam beroperasi HPSC, datang juga konsumen HP lain yang ingin Service perangkat elektroniknya, atau sekedar mau mengambil Serviceannya kemarin.
Akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 10, ane pun dipanggil petugas untuk mengambil nomor antrian, karena ane datang paling awal, ane pun mendapat antrian pertama, dan langsung dipanggil untuk menemui Customs Service. Dengan senyum ramah mbak-mbak Customer Servicenya pun memperkenalkan diri dengan berjabat tangan. Seperti biasa, ane ditanya tentang keluhan atas produk yang ane beli, yakni notebook HP G4-1311au, Ya sudah ane ceritakan saja keluhan yang ane alami.
Tanpa diminta kartu garansi, dari PCID yang tertulis pada bagian belakang notebook, pihak HP sudah mengetahui masa garansi unit tersebut. Jadi buat kalian yang mau Service tidak perlu khawatir jika kartu garansinya ketinggalan. Namun demikian, pihak HP tidak mematok masa garansi dari PCID tadi, melainkan dari tanggal pembelian barang. Jadi yang terpenting itu bukan kartu garansi, tetapi nota pembelian dari toko.
Sambil menjelaskan keluhan, ane disuruh untuk mengisi data diri guna melengkapi data Service. Sambil mengisi form, ane tanya-tanya perihal proses perbaikan notebook di sana. Kata CS-nya, lama waktu perbaikan minimal setengah jam dan maksimal adalah 14hari, tergantung dari kerusakan yang dialami. Karena memerlukan pengecekan, jadi ane dijanjikan akan dihubungi dalam waktu 3hari terhitung dari hari senin, karena hari Sabtu tidak ada kegiatan perbaikan, hanya melayani penerimaan pendaftaran Service saja. Jadi mungkin hari Rabu/ Kamis, pihak HP akan memberi kabar tentang notebook ane tadi, dari kerusakan yang di derita sampai tindakan yang akan dilakukan. Baik, proses pendaftaran Servicean  sudah selesai, dan ane pun pulang menuju rumah tercinta di Bogor. :D

.......

Singkat cerita, senin pagi ane sudah dihubungi pihak HPSC, katanya notebook ane sudah dalam perbaikan dan kemungkinan kerusakannya adalah pada baterai yang memerlukan penggantian. Di sini, ane antara percaya dan tidak, begitu cepat proses perbaikannya, berbeda sekali dengan proses perbaikan yang ane lakukan di toko tempat ane beli produk tersebut, setelah perbaikan 2 bulan ane baru dihubungi oleh toko.
Dengan sabar ane pun menunggu kabar selanjutnya dari HPSC, dan keesokan harinya, tepatnya Selasa sore tanggal 6 Mei ane mendapat sms dan email dari HPSC kalau notebook ane sudah selesai diperbaiki dan sudah bisa diambil pada hari kerja, senin sampai jum’at. Besoknya, hari abu tanggal 7 ane pergi deh ke HPSC untuk mengambil notebook ane. Dan setelah ane coba nyalakan notebooknya, sudah kembali seperti sedia kala, baterai tahan hingga 3jam.
Ya bersyukur sekali. Selain puas dengan hasil kerja teknisi HPSC,, ane juga puas dengan layanannya, cepet banget. Jika disuruh menilai, ane kasih nilai 9,5 deh buat HPSC Jakarta. Sayangnya, ane tidak sempat mengambil gambar untuk dokumentasi, jadi ga ada foto yang bisa ane upload. maaf ya.. :)

Nah, dari kejadian ini ane dapat mengambil pelajaran yang mungkin bisa bermanfaat buat kalian, jika ada di antara pembaca yang notebooknya mengalami kerusakan, merk apa saja, jika masih dalam masa garansi, lebih baik langsung membawa sendiri notebook yang rusak tadi ke Service Center resmi daripada menitipkannya di toko tempat pembelian. Selain prosesnya yang lebih cepat, hasil kerjanya juga dapat dipercaya. Di Indonesia, rata-rata waktu perbaikan di tempat yang tidak resmi adalah antara 1 sampai 2 bulan, tapi jika langsung ke Service resminya, hanya membutuhkan waktu 3hari maksimal 2 Minggu. Bisa kalian bayangkan kan...?! :D
Alhamdulillah, mungkin cukup sekian cerita yang dapat ane bagi. Semoga ada manfaatnya, khusunya untuk ane pribadi dan umumnya untuk para pembaca Blog ane ini.
Terimaksih bagi kalian yang sudah meluangkan waktu untuk mampir dan membaca tulisan ane yang acak-acakan ini. Jangan bosan ya, dan diharapkan mampir juga di postingan ane yang lain.
Ditunggu juga kritik dan sarannya. :)


Waasalamu’alaikum wr wb..

1 comment :

  1. gan, punya ane laptop nya udh dari tahun 2009 (udh ga garansi). kalo ganti batre di HPSC kira-kira kena brp ya?

    ReplyDelete

Speak Up!

1 comment :

  1. gan, punya ane laptop nya udh dari tahun 2009 (udh ga garansi). kalo ganti batre di HPSC kira-kira kena brp ya?

    ReplyDelete

Speak Up!