Thursday 21 August 2014

Tips Menyimpan Kontak Telepon di Hp Android agar Mudah di Restore

Assalamu’alaikum wr wb..

Alhamdulillah masih bisa dipertemukan dengan kalian..

        Kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang android mengenai cara menyimpan kontak telepon agar mudah direstore jika sewaktu-waktu kontak telepon tadi hilang tanpa sebab yang jelas. Sebenarnya ini adalah pengalaman pribadi saya, sejak 3tahun memiliki ponsel android, saya sudah 2kali mengalami kehilangan kontak telepon tanpa sebab yang jelas. Akhirnya saya belajar bagaimana caranya agar restore data kontak bisa lebih gampang dilakukan jika hal tadi terjadi lagi.

        Sebelum ditemukan benda yang mungil bernama Mobile Phone atau yang biasa disebut handphone, jaman dulu orang-orang menyimpan kontak nomor hp di buku alamat. Berikutnya setelah hp ditemukan mereka yang beruang yang sudah memiliki benda ini kemudian menyimpan kontak nomor telepon di hp mereka. Baik itu menyimpan di media simcard atau Mobile. Masing-masing penyimpanan tadi memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk media simcard, kontak tidak akan hilang jika pengguna melakukan penggantian perangkat Mobile mereka. Sedang untuk media penyimpanan Mobile, kontak tidak akan hilang jika pengguna melakukan penggantian simcard.

        Namun terkadang muncul masalah, kontak hp baik yang disimpan di simcard atau Mobile tiba-tiba hilang tanpa sebab yang jelas.
Salah satu dari kalian pasti pernah mengalaminya, tentu saja hal ini akan sangat merepotkan, jika sudah punya backup, baik berupa catatan di buku atau yang lain mungkin akan sedikit tertolong. Tetapi bagaimana jika sebelumnya tidak pernah dilakukan backup data kontak, maka akan lebih merepotkan lagi.

        Khusus untuk smartphone android, saya punya solusinya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh google tentunya, kita tidak perlu khawatir lagi jika kehilangan kontak telepon.

        Lalu bagaimanakah caranya? Sebenarnya cara ini cukup gampang, hanya memerlukan koneksi internet. Jadi kita hanya perlu melakukan sinkronisasi akun google pada perangkat android yang kita punya. Walau sebenarnya proses sinkronisasi ini akan memakan kuota internet dan daya baterai berlebih, namun dengan sedikit trik maka efeknya tidak akan terlalu terasa. Selain akan mudah di restore jika terjadi kehilangan data kontak, penyimpanan kontak telepon dengan cara ini juga memungkinkan kita untuk melakukan edit kontak melalui perangkat PC/laptop via akun google yang telah disinkronisasi dengan perangkat android sebelumnya.
Berikut ini detail caranya;
  1. Lakukan memasukkan nomor hp seperti biasa, kemudian pilih “Tambahkan ke Kontak”
  2. Kemudian pilih “Buat Kontak Baru”
  3. Nah, kemudian akan muncul pilihan untuk melakukan penyimpanan kontak di memori perangkat android atau di akun google yang sudah ada pada perangkat.
  4. Step berikutnya akan sama seperti pada penyimpanan kontak seperti biasa.
  5. Kemudian pilih “Selesai”!
  6. Langkah berikutnya adalah melakukan sinkronisasi atau penyelarasan kontak tadi ke akun Google. Caranya adalah dengan menyalakan sinkronisasi otomatis pada pengaturan.
    *catatan: Agar tidak memakan kuota internet atau daya baterai berlebih, pilih hanya akun Google yang disinkronisasi, kemudian pilih hanya penyelarasan kontak/kenalan pada akun Google tadi. Pada proses ini akan memerlukan koneksi internet, pastikan layanan data kalian aktif atau lakukan langkah ini saat terhubung dengan jaringan tadi! 
  7. Setelah dilakukan sinkronisasi, hasilnya bisa kalian lihat di akun Googel kalian pada perangkat PC/ notebook. Masuk akun Google kemudian buka kontak telepon pada Link di bawah tulisan Google di pojok kiri atas (Gmail), lalu pilih “Kontak”. Dan tara, kontak telepon kalian sudah tersimpan rapi di akun Google. 
  8. Selanjutnya kalian dapat mengedit data kontak, baik itu menambah atau menghapusnya atau bahkan menambah alamat dan foto pengguna. Agar hasil editan data kontak dapat tersimpan pula di perangkat android, tentunya pengaturan Sinkronisasi akun pada androidmu juga harus dinyalakan.       
        Nah, itu tadi sedikit tips menyimpan kontak telepon agar gampang di restore jika sewaktu-waktu terjadi kehilangan data kontak atau mungkin kalian ada yang ganti perangkat android. Jadi tidak perlu repot-repot memasukkan satu persatu nomor HP teman kalian.
Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya, sampai ketemu dilain kesempatan...

Wassalamua’alaikum wr wb..

1 comment :

Speak Up!

1 comment :

Speak Up!