Friday 13 February 2015

Notebook BRICK, penyebab dan solusinya

Assalamu’alaikum....


Apa kabar?

Alhamdulillah nih bisa meluangkan waktu untuk sekedar berbagi pengalaman. Setelah sekian lama tidak posting di blog.
Baiklah, kali ini ane akan berbagi masalah yang mungkin di antara kalian ada yang pernah mengalaminya, sekaligus berbagi solusi atau sekedar pencerahan untuk masalah ini.
Kali ini ane akan berbagi tentang masalah komputer, lebih tepatnya tentang notebook. Yang bisa membaca tulisan ini pasti mempunyai komputer/notebook atau paling tidak mempunyai gadget. Tidak jarang barang elektronik ini mengalami masalah, baik itu masalah serius atau sekedar kerusakan ringan. Tidak jarang pula yang mendapati barang elektroniknya sedang ada masalah langsung saja membawanya ke Service Center, padahal bisa saja masalah itu ditangani sendiri.

Notebook Ane (HP Pavilion G 1311AU) sebelumnya beroperasi normal, sangat normal malahan. Tapi semua berubah saat negara api menyerang. Hehe :D #Becanda. Jadi notebook ane sudah ane upgrade juga RAMnya dari yang sebelumnya hanya 2GB menjadi 4GB, sudah pasti dong kecepatan prosesnya menjadi bertambah.*Selain itu masih standar semua. Cuma masalahnya, RAM tambahan yang Ane pasang itu bekas notebook ASUS yang berbeda merk dengan RAM bawaan notebook Ane, sekaligus beda clockspeed. Tetapi tipe dan kapasitasnya sama.(DDR3, 2GB)
Beberapa waktu yang lalu ada notifikasi update software windows, seperti biasa langsung Ane update aja tuh software. Jadi setelah ane update software windows, notebook Ane rasanya jd tambah cepet dalam melkaukan proses, tapi selain itu diiringi dengan temperature d bawah notebook yang semakin tinggi, tidak seperti biasanya. Setelah Ane pake beberapa menit, tiba-tiba noteboknya berhenti. Setelah Ane tunggu beberapa menit, tetap saja begitu, terpaksa deh Ane pencet tombol power agak lama untuk mematikan paksa notebook. *Masalah pertama teratasi.
Nah, setelah itu langsung saja Ane hidupkan deh tuh notebook, tapi apa yang terjadi teman, notebooknya tidak mau menyala. Indikatornya, layar hitam tidak ada tanda kehidupan, lampu indikator proses mati total, dan tombol CAPSLOCK menyala tapi hanya berkedip saja. Pertamanya Ane biasa saja, belum ada kepanikan. Ane lakukan langkah awal pas terjadi masalah pertama tadi, langsung Ane tekan tombol power agak lama untuk mematikan paksa nih notebook. Tetapi setelah Ane hidupkan lagi tetap sama seperti sebelumnya. Dan sekarang Ane sudah mulai panik. Ane ulangi langkah sebelumnya, hasilnya masih tetap sama. Ane coba berpikir jernih, Ane putuskan untuk mencari tahu masalah ini di Google, hasil pencarian menyebutkan ada beberapa penyebab dari masalah ini, di antaranya:
-          Baterai habis.
-          RAM tidak berfungsi.
-          HDD tidak berfungsi.
-          VGA tidak berfungsi.
-          BIOS corupt.
-          Yang terakhir yang paling parah, Mobo rusak.
Ane mulai cek satu persatu dari yang paling mudah, copot baterai. Tapi hasilnya tetap sama. Lanjut ke langkah berikutnya, cek RAM. Ane ambil obeng untuk membuka sekrup penutup RAM, kemudian ane coba lepaskan RAM tambahan ane Ane pasang sebelumnya, kemudian ane coba lagi, dan Alhamdulillah, notebook Ane kembali normal. Langsung saja ane tutup lagi penutupnya dan ane nyalakan kembali notebooknya. Dan sampai sekarang masih normal-normal aja. *masalah teratasi. :D
Jadi kesimpulannya, yang membuat gagal proses notebook Ane adalah RAM tambahan yang ane pasang sebelumnya. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, bisa jadi karena tipe dan clockspeednya berbeda, jadi prosesor tidak dapat melakukan proses dengan baik bahkan gagal proses. Jika ada di antara kalian yang mengalami hal serupa dengan yang Ane alami ini, mungkin kalian bisa mencoba perbaikan sendiri seperti yang Ane lakukan di atas. Dan jika setelah kalian lakukan pengecekan tetapi hasilnya masih tetap sama, Ane sarankan langsung saja dibawa perangkatnya ke service center terdekat, lebih disarankan Service Center resmi agar lebih aman.
Mungkin itu saja yang dapat Ane bagikan dari pengalaman yang Ane rasakan sendiri. Semoga ada manfaatnya buat kalian.
Terimakasih sudah mampir,,,


Wassalamu’alaikum...

No comments :

Post a Comment

Speak Up!

No comments :

Post a Comment

Speak Up!