Friday 15 March 2013

Abstrak Desain Penelitian (STT Indocement)

Analisa Pemanfaatan Dinamo DC Bertegangan Rendah Untuk Mencharger HP 



        Akhir-akhir ini banyak bermunculan gagasan tentang penggunaan energy alternative dalih yang dipakai adalah untuk menghambat proses pemanasan global. Dari sekian banyak ide yang muncul yang paling terkenal adalah tentang cara menghasilkan energy listrik dengan menggunakan solar cell(panel surya). Namun karena harga peralatannya yang terbilang mahal, masih sedikit orang yang memakainya. Padahal masih ada cara lain untuk menghasilkan energy, yakni dengan mengubah energy gerak(mekanik) ke energy listrik.

        Dari fakta yang ada, dengan dalih yang sama yakni untuk menghambat pemanasan global banyak orang yang menggunakan alat transportasi non-fuel alias tanpa menggunakan bahan bakar contohnya adalah menggunakan sepeda angin. Dari sinilah dapat diciptakan juga energy alternative seperti pada panel surya. Analisa penelitian yang dilakukan, dari gerak roda yang berputar dapat dihasilkan energy listrik tegangan rendah yang dapat digunakan untuk mencharger handphone. Dengan cara menginstal sebuah dynamo DC yang ditambah beberapa komponen elektronik, diperkirakan dapat menghasilkan tegangan listrik sebesar 4,5-5,5 volt DC. Tegangan yang sama yang digunakan untuk mencharger handphone.

        Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah selain sekedar berolahraga dan menghambat pemanasan global, penggunaan peralatan ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan energy yang dapat digunakan untuk mencharger handphone. Pada silmulasi penelitian akan memanfaatkan beberapa alat ukur listrik.

        Kata kunci: Energi alternative, sepeda, dynamo DC, charger

Oleh: Dedy Prastyo / 11210010

No comments :

Post a Comment

Speak Up!

No comments :

Post a Comment

Speak Up!