Wednesday 12 September 2012

Kuliah

KULIAH 

Banyak orang bilang, kuliah dimana-mana itu sama saja, tergantung bagaimana menjalaninya. Juga tergantung ilmu apa yang didalami. Ane sangat setuju dengan pernyataan itu. Bahwa pendidikan dimana-mana sama saja. Toh, sama-sama mencari ilmu. Selain itu, juga tergantung dari bagaimana seseorang itu mengamalkan ilmunya setelah lulus. Percuma jika kuliah di tempat yang bagus, tapi dia malah asal-asalan dalam menjalani perkuliahan. Mending kuliah di tempat yang biasa, tetapi serius dalam belajar. Jurusan juga tidak terlalu berpengaruh. Buktinya banyak lulusan teknik yang bekerja bukan dibidangnya. Rezeki yang diberikan Allah itu bisa bervariasi, Dia memberikannya melalui pekerjaan yang kita tekuni. Jika pekerjaan itu halal, insya’allah rezeki yang diterima juga akan barokah. Dan yang paling penting, banyak jalan untuk mencari rezeki di jalan Allah. Ada hadist yang mengatakan, “8 dari 10 pintu rezeki terdapat dalam perniagaan”. Maka jangan kawatir jika kuliah anda sekarang belum menjamin pekerjaan nantinya. 

Berikut adalah tips-tips memilih jenjang pendidikan tinggi: 
1. Cari jurusan yang sesuai dengan keahlian yang agan muliki. Jangan memasuki jurusan yang dominan pada saat ini, karena nantinya akan susah bagi agan untuk mengikuti perkuliahan di kampus. Selain itu juga akan memdahkan agan sekalian dalammencari pekerjaan nantinya. 

2. Jika agan berasala dari keluarga yang kurang dalam hal ekonomi, mungkin agan bisa mencari beasiswa, sehingga agan tidak perlu bingung untuk membayar biaya perkuliahan nantinya. 

3. Sehubungan dengan tips nomor 2, usahakan mencari kampus yang dekat dengan kampong halaman, karena hal ini akan sangan memudahkan agan dalam hal penhidupan di perantauan. Misalnya, untuk mengirit biaya bulanan, agan bisa membeli bahan2 keperluan hidup di kampong yang notabene memiliki harga yang ebih murah disbanding di kota. 

Mungkin itu saja tips yang bisa Ane berikan, semoga bermanfaat untuk pembaca. Jika ada kekurangan, silakan menambahi di kolom komentar.

No comments :

Post a Comment

Speak Up!

No comments :

Post a Comment

Speak Up!