Wednesday 12 September 2012

Tugas

"Setelah matahari tenggelam, akan datang lagi malam." Mungkin itu kata2 yang pas buat ngegambarin waktu2 setelah liburan gini. Abis asyik2 libur lebara, tugas kuliah sudah menunggu untuk diselesaikan. Kadang jiwa dan raga ini belum terlalu siap untuk hal2 semacam itu. Padahal, dalam kehidupan yang real dengan orang2 disekitar nanti, akan ada banyak persoalan yang juga harus diselesaikan.

Walau bagaimanapun juga, itu adalah suatu kewajiban Ane sebagai seorang mahasiswa. Juga mahasiswa2 laen yang pastinya merasakan hal yang sama. Tugas diperkuliahan itu bak ujian hidup dari sang Pencipta. Tanpanya, kita tidak akan bisa dinilai. Dan itu artinya, tidak akan ada penimbangan amal yang kita lakukan. Sama seperti ujian di dunia pendidikan, nilai yang diperoleh juga akan dipakai untuk menentukan nilai akhir yang kita dapat. Apakah hasil akhir itu kita diluluskan ataukah malah sebaliknya, harus mengulang untuk materi yang sama tahun depan. Tapi pengulangan itu sendiripun juga bukan akhir dari segalanya, akan selalu ada hikmah dibaliknya. Mungkin kita akan menjadi lebih memahami dengan kuliah yang kit aulang. Itu artinya, ada kesempatan untuk memperbaiki nilai. Jadi jangan patah arang jika sahabat mengulang suatu mata kuliah.

Ane yakin, "Setelah subuh menjelang, mentari juga akan menmpakan wajahnya lagi". Itu artinya, akan ada masa2 libur lagi setelah ujian akhir nanti. Akan ada hal2 baru yang akan Ane lakukan dikampung sana selama liburan itu.

No comments :

Post a Comment

Speak Up!

No comments :

Post a Comment

Speak Up!