Friday 21 September 2012

Tips Membeli Speaker Aktif

Kemarin ane beli speaker aktif GMC 888B. Dengan sub-wofer sistemnya, speake jeniis ini memang bisa menghasilkan suara bass yang menggelegar. Tapi apakah pembaca tau, penguat seperti apa yang dapat menghasilkan suara yang enak seperti itu. Setelah ane buka casing tu speaker, ternyata penguat akhirnya cuma memakai IC TDA2030, IC yang banyak dijual di pasaran dengan harga cuma 4000 saja. Tapi dengan rangkaian yang tepat, memang IC yang murah pun bisa digunakan untuk speaker dengan kualitas hi-fi.

Berikut Ane mo ngasih tips jika ada pembaca yang berminat mo beli speaker aktif kek Ane kemarin.

  1. Cari toko yang bisa ngejual murah spekaer aktif yang pembaca inginkan.
    Kalo bisa mah, yang sudah sobat kenal, jadi untuk tawar menawarnya bisa enak.
  2. Sesuaikan speaker yang diinginkan dengan uang yang dimiliki.
    Jangan sampai ada yang pengen speaker dengan merk dan suara terbaik, tapi bidgetnya pas-pasan. Mungkin sobat bisa mengakali dengan membeli speaker dari merk lain tapi dengan kluaran watt yang sama. Jadi harganya bisa sedikit lebih murah.
  3. Periksa suara speaker dengan benar.
    Jangan sampai Anda menyesal membeli setelah Anda dengarkan suaranya di rumah. Hal yang paling sering terjadi pada spekaer adalah adanya suara dengung yang mengganggu. Untuk menanggulanginya, bisa dilakukan pengecekan suara pada saat membeli. Caranya, pada saat dinyalakam, putar semua knop yang ada, terutama knop bass bosster, tapi tanpa diberi input apapun. Jika loud speakernya berada di dalam box, dekatkan telinga Anda pada speakernya. Jika memang ada dengung, pasti akan terdengar. Tapi jika loud speakernya berada di luar box, coba sentuhkan jari telunjuk pada membran. Jika terasa ada getaran yang cukup kencang, berarti ada dengung pada speaker tersebut. Mungkin Anda bisa minta ganti barang lain.
  4. Berikutnya adalah suara.
    Pastikan suara yang dihasilkan setelah diberi input audio, sesuai dengan apa yang anda inginkan. Kebanyakan, para pembeli ingin suara bass yang dominan. Makanya, periksa dengan teliti pada saat di tokonya. Jangan sampai anda menyesal setelah anda sampai dirumah.
Nhah, itu tadi sekelumit tips dari ane tentang pembelian speaker aktif. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua.

4 comments :

  1. terima kasih atas inputnya :-)

    ReplyDelete
  2. Kalo simbada bagus apa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo simbadda termasuknya udah bagus Gan, kelas atas dia. Tapi harganya ya emang lbh mahal dr merk lain.

      Delete

Speak Up!

4 comments :

  1. terima kasih atas inputnya :-)

    ReplyDelete
  2. Kalo simbada bagus apa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo simbadda termasuknya udah bagus Gan, kelas atas dia. Tapi harganya ya emang lbh mahal dr merk lain.

      Delete

Speak Up!